Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
Digital Marketing Modern

Mengenal kegunaan digital marketing untuk bisnis Anda

November 22 2018 , Written by Solis Indonesia Published on #Bisnis, #Digital Marketing, #Jasa SEO, #Online Branding, #Pakar Branding, #SEO Agency, #Social Media, #Website

digital marketing

Digital Marketing - Teknologi adalah satu hal yang tentu tidak bisa dihindarkan khususnya dengan perkembangan dunia yang sudah semakin maju. Melihat segala aktivitas manusia saat ini sudah bergantung dengan teknologi membuat dampak yang baik serta positif bagi dunia bisnis khususnya departemen pemasaran. Bahkan usaha yang masuk dalam kategori kecil pun sekarang sudah mencoba strategi digital marketing agar penjualan mereka dapat meningkat dan target bisnis dapat tercapai.

Digital marketing atau yang biasa Anda sebutkan dalam dunia bisnis yaitu pemasaran digital ini merupakan sebuah kegiatan pemasaran dalam memasarkan sebuah merek dengan menggunakan berbagai sarana digital terutama internet. Dengan banyaknya jumlah pengguna internet di seluruh dunia menjadikan strategi penjualan online ini dianggap salah satu strategi yang paling memberikan dampak positif dalam memasarkan sebuah produk atau jasa. Tidak hanya itu, di tahun 2018 internet sudah menjadi market place tersendiri khususnya bagi para pengusaha.

 

Mari mengenal kegunaan digital marketing untuk bisnis Anda, dengan mengetahui 8 keuntungan yang dapat dirasakan dengan menerapkan strategi online.
 

Lebih memudahkan 
Melakukan aktivitas pemasaran melalui internet memang dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan saat Anda harus melakukan pemasaran dengan cara tradisional seperti media cetak dan elektronik. Memasuki dunia yang serba digital membuat Anda dapat melakukan dan mengontrol pemasaran yang sedang Anda jalankan kapan saja dan di mana saja tanpa mengenal batasan ruang dan waktu.

Menghemat biaya
Dengan hanya memiliki modal utama yaitu internet didukung dengan alamat email, serta perangkat seperti komputer atau smartphone, Anda dapat langsung memulai untuk melakukan pemasaran internet untuk menyebarkan informasi apapun yang berhubungan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Anda juga dapat menggunakan media sosial atau blog gratis untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Biaya pemasaran iklan secara digital pun menjadi lebih murah dan dapat mengikuti budget Anda.

Memiliki banyak pilihan dalam pemasaran
Terdapat banyak pilihan dalam dunia pemasaran secara online, sehingga membuat Anda terus bertambah kreativitasnya. Anda dapat menggunakan konten visual yang dapat menarik perhatian, konten visual sendiri memiliki pilihan lagi mulai dari audio, gambar, video serta sekedar tulisan.
Silahkan Anda langsung memilih strategi digital mana yang Anda nilai paling efektif (strategi social media marketing, email marketing, affiliasi marketing, Search Engine Optimization (SEO) dan lain sebagainya. 

Lebih tepat sasaran
Pada saat pemasangan iklan secara digital telah Anda laksanakan maka memudahkan Anda untuk menargetkan konsumen potensial berdasarkan demografis tertentu. Misalkan saja berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, tingkat pendidikan, minat serta perilaku konsumen. Anda dapat menjangkau para konsumen tanpa mengenal batas ruang dan waktu dalam dunia digital.

Melihat hasil secara real-time
Anda dapat memantau pemasaran digital yang telah Anda lakukan kapan saja dan di mana saja, dengan dunia digital yang sudah semakin berkembang memudahkan Anda dapat melihat hasil secara real-time hanya dengan menggunakan bantuan seperti Blinq Real-Time agar dapat mengetahui apakah campaign marketing yang telah

Anda lakukan berhasil atau tidak
Penjualan terjadi secara cepat sehingga meningkatkan keuntungan
Saat Anda memutuskan untuk mengenalkan serta memasarkan produk atau jasa Anda melalui internet, maka hasil yang akan Anda dapatkan adalah penjualan Anda akan meningkat secara singkat dan keuntungan yang akan didapatkan pun akan terus bertambah. Hal ini disebabkan karena melalui dunia online, segala transaksi jual beli dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Memudahkan pengelolaan
Bagi Anda yang kini sedang menjalankan bisnis secara online maka internet marketing dapat memudahkan pengelolaan bisnis Anda. Jika Anda menggunakan situs atau website maka Anda dapat menampilkan produk atau jasa apa saja yang ada secara online, melakukan pengecekan stok barang dan lain sebagainya. Untuk kategori bisnis yang baru saja Anda mulai, pemasaran digital ini membuat Anda dapat mengelolanya secara sendiri tanpa bantuan karyawan.

Membantu riset pasar
Tanpa disadari dengan berjalannya waktu, teknologi pun mengalami peningkatan yang semakin signifikan canggihnya. Kini melalui website bisnis Anda dapat melacak berapa jumlah pengunjung dan darimana asal pengunjung , mengetahui kata kunci yang relevan, mengetahui sumber lalu lintas website Anda dan lain sebagainya. Data-data yang telah Anda dapatkan tentu akan memudahkan Anda untuk melakukan riset pasar serta merencanakan strategi pemasaran selanjutnya menjadi lebih baik dan tepat.

 

Meskipun dari digital marketing yang telah diterapkan para pengusaha ini memberikan mereka banyak keuntungan, sangat disayangkan bahwa para pengusaha pun harus dihadapkan kepada beberapa kelemahan dari digital marketing seperti:

 

  • Konsep pemasaran online sangat mudah ditiru oleh orang lain.
  • Memasuki era E-commerce membuat banyak sekali orang untuk memulai usahanya sehingga hal ini membuat para pesaing semakin banyak.
  • Ada beberapa produk tertentu yang tidak cocok untuk dipasarkan melalui online.
  • Jika para pengusaha mendapat reaksi yang negatif dari para konsumen dan reaksi ini muncul secara online yang mana dapat dilihat oleh siapa saja, maka akan membuat reputasi perusahaan menjadi rusak.
  • Digital marketing terlalu bergantung pada teknologi.
  • Tidak semua kalangan sadar akan keberadaan teknologi internet.

Ingin mengenal seperti apa dunia digital marketing lebih mendalam? Berarti saatnya Anda untuk langsung menghubungi kami di Blinq Digital Media, web development profesional di bidangnya.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post